Pasang BENNER dan dapatkan dolar tiap kunjungan. Mau...? klik DI SINI

Referral Banners

Sabtu, 05 April 2014

NAMA-NAMA KITAB KUNING, RUMUS-RUMUS IMAM, DAN ISTILAH-ISTILAH DALAM KITAB

Dua minggu terakhir ini, di saat beban fikiran yang menumpuk: memikirkan keluarga, umat, dan kemelut yang terjadi di Jam'iyah, ternyata Allah masih Mencurahkan RahmatNya padaku. DibimbingNya akal dan fikiranku untuk terus menulis dan menulis. 
Al-Hamdu Lillah, setelah selesai merefisi catatan kecilku tentang Fidyah, aku teringat akan nama-nama kitab sekaligus pengarangnya, rumus-rumus para imam, dan istilah-istilah yang sering digunakan dalam kitab-kitab Syafi'iyah, yang telah aku catat dari berbagai sumber kitab yang terpercaya. Terbersit dalam benakku untuk mengumpulkan catatan-catatan tersebut dan menyusunnya menjadi sebuah kitab. Kitab dalam bentuk buku saku yang terdiri dari 32 halaman dan berbahasa Arab tersebut kemudian aku namakan:
 كَشْفُ الظُّلُمَاتِ لِمَعْرِفَةِ الْمُهِمَّاتِ 
"MEMBUKA TABIR KEGELAPAN UNTUK MENGETAHUI HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN". 
Harapanku semoga kitab mini tersebut bisa bermanfa'at khususnya bagi para pecinta KITAB KUNING, sehingga dikala mereka menemukan kata semisal: قال في الروضة maka mereka tahu bahwa fa'ilnya adalah Imam Nawawy pengarang kitab ROUDLOH tersebut. Atau semisal: بج maka yang dimaksud adalah Imam Al-Bujairomy. Atau: قيل maka itu adalah QOUL DLO'IF. Dan lain sebagainya. 

Berikut ini beberapa contoh isi dari kitab tersebut:
















1 komentar:

  1. Ustadz, boleh saya pesan kitab ini

    Ini WA saya ustadz: 085260207575

    BalasHapus