Pasang BENNER dan dapatkan dolar tiap kunjungan. Mau...? klik DI SINI

Referral Banners

Jumat, 17 Juli 2015

KHUTBAH AWAL 'IDUL FITRI 1436 H

بسم الله الرحمن الرحيم
الخطبة الأولى لعيد الفطر
يكبر تسع مرات ثم يقول: لا إله إلا الله والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد. الله أكبرُ عَدَدَ مَا صَامَ صَائِمٌ وَأَفْطَرَ، الله أكبر عَدَدَ مَا هَلَّلَ مُهَلِّلٌ وَكَبَّرَ، الله أكبر عَدَدَ مَا الْتَزَمَ الْمُلْتَزَمُ، الله أكبر عَدَدَ مَا أُفِيْضَ هُنَاكَ مِنْ عِبْرَةٍ وَنَدَمَ. الله أكبر الله أكبر الله أكبر ، لا إله إلا الله والله أكبر ، الله أكبر ولله الحمد. الحمد لله الذي سَهَّلَ لِلعِباد طَريقَ العِبادةِ وَيَسَّرَ. وَأَفَاضَ عليهم مِنْ خَزَائنِ جُوْدِه التي لا تُحْصَرُ. وَجَعَلَ لهم عِـيْدًا يَعُوْدُ في كُلَّ عامٍ ويَتَڪَـرَّرَ. نَـقَّاهم بِه مِنَ الذُّنُوْب وَطَهَّرَ. أَحْمَدُه سبحانه على نِعَمِه التي لا تُحْصَرُ. وأشكره وهو الْمُسْتَحِقُّ لِأَنْ يُحْمَدَ ويُشْكَرَ. وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له خَلَقَ فَقَدَّرَ، وأشهد أن سيدَنا محمدا عبدُه ورسولُه صاحِبُ اللِّوَاء وَالْكَوْثَرِ. اللهم صل وسلم، على النبي الطَّاهِرِ الْمُطَهَّرِ، سيدنا محمد وعلى أله وأصحابه الْمُشَبَّهِيْنَ بِالْأَنْجُمِ حَوْلَ الْقَمَرِ. أَمَّا بَعْدُ: فَيَا أَيُّـهَا الْإِخْوَانُ، اِتَّـقُوا اللهَ فِي السِّرِّ وَالْعَلَانِ. وَاعْلَمُوْا أَنَّ هٰذَا الْيَوْمَ يَوْمُ السَّعِيْدِ، يَوْمُ الْعِيْدِ، لِمَنِ اتَّـقَى اللهَ فِيْمَا يُـبْدِي وَيُعِيْدُ.
الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد
Hadirin Jama’ah ‘Iidul Fithri  . رحمكم الله
Marilah kita senantiasa meningkatkan kuwalitas Iman dan Taqwa kita pada Allah سبحانه وتعالى. Baik secara rahasia maupun terang-terangan. Hari ini adalah hari raya ‘Idul Fithri. Hari berbahagia yang senantiasa dinanti oleh seluruh Umat Islam di segala penjuru dunia. Kebahagiaan yang hanya pantas diraih oleh mereka yang lulus dalam menghadapi ujian selama bulan Romadlon. Bahagia karena mereka meraih Rahmat dan Ampunan Allah serta terlepas dari siksa api neraka. Seperti sabda Nabi صل الله عليه وسلم:
من صام رمضانَ إيمانًا واحتسابًا غُفر له ما تقدَّم مِن ذنبه. أخْرَجَه: أحمد والبخاري ومسلم وأبو داود والترمذي والنسائي وابن ماجه وابن حبان عن أبي هريرة.
“Barang siapa yang berpuasa selama bulan Romadlon atas dasar Iman dan Ikhlas karena Allah maka akan diampuni baginya apa yang telah lewat dari dosa-dosanya.”
Terhapusnya dosa-dosa tersebut bukan karena hanya sekedar berpuasa, melainkan karena mereka selama bulan Romadlon mampu mengisinya dengan kebaikan-kebaikan dan menjaga hati dan seluruh anggota tubuh dari segala dosa. seperti sabdanya dalam sebuah riwayat yang lain:
من صام رمضانَ فعَرَفَ حُدودَه وتَحفَّظ مما ينبغى أن يَـتحفَّظ منه كُـفّر ما قبله. أخرجه: أحمد وأبو يعلى وابن حبان وأبو نعيم فى الحلية، والضياء والبيهقي في شعب الإيمان عن أبي سعيد.
“Barang siapa yang berpuasa selama bulan Romadlon, lantas memahami batasan-batasannya dan menjaga dari dosa-dosa yang semestinya ia jaga darinya, maka dileburlah dosa-dosa yang sebelumnya.”
الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد
Hadirin Jama’ah ‘Iidul Fithri  . رحمكم الله
Puncak keberhasilan dari apa yang kita lakukan selama Romadlon adalah meraih kebahagiaan Dunia dan Akhirat. Kebahagiaan yang hanya bisa didapat apabila kita memiliki kriteria yang ada dalam surat Al A’la ayat 14-15:
قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى (١٤) وَذَڪَرَ اسْمَ رَبِّهٖ فَصَلَّى (١٥)
“Sungguh berbahagia orang yang bisa membersihkan diri (dari sifat-sifat tercela) dan senantiasa mengingat Tuhannya lalu mendirikan Sholat.”
Sebagian ‘Ulama ahli tafsir mengartikan dua ayat tersebut dengan: “Sungguh berbahagia orang yang (setelah berpuasa) mengeluarkan zakat fithrah dan berdzikir (Takbiran) lalu melaksanakan Sholat ‘Iid berjama’ah.”
الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد
Hadirin Jama’ah ‘Iidul Fithri  . رحمكم الله
Zakat fithrah adalah langkah awal membentuk pribadi dermawan yang perduli terhadap sesama. Banyak Hikmah dari zakat fithrah yang kita keluarkan di hari raya ‘idul fithri, di antanya:
1.    Penghantar sampainya ibadah puasa kita di sisi Allah سبحانه وتعالى. Rosululloh صل الله عليه وسلم bersabda:   
صيامُ الرجلِ مُعلَّقٌ بين السماءِ والأرضِ حتى يُعْطِيَ صدقةَ الفطرِ. أخرجه: الدَّيْلَمى عن أنس.
“Puasa seseorang terkatung-katung di antara langit dan bumi sampai ia berikan zakat fithrah.”
2.    Penutup kekurangan-kekurangan kita selama berpuasa, seperti yang dikatakan oleh imam Waqi’ bin Al-Jarroh:
زكاةُ الفطرِ لِشهرِ رمضانَ كسجْدةِ السهوِ للصلاة تَجْبُر نُقصانَ الصومِ كما يَجبُر السجودُ نقصانَ الصلاةِ
“Zakat fithrah bagi puasa Romadlon bagaikan sujud sahwi bagi Sholat. Ia menutup kekurangan-kekurangan puasa seperti halnya sujud sahwi menutup kekurangan-kekurangan Sholat.”
3.    Membebaskan faqir miskin dari meminta-minta di hari raya. Sabda Rosululloh صل الله عليه وسلم:
أَغْنُوهُم عن الطوافِ في هذا اليومِ. أخرجه: الدارقطني وابن عدي والحاكم في علوم الحديث عن ابن عمر.
“Bebaskan mereka (kaum faqir miskin) dari berkeliaran (meminta-minta) di hari ini (hari raya).”
Dan masih banyak lagi hikmah-hikmah lainnya yang di antaranya adalah untuk membersihkan diri dan jiwa kita dari sifat kikir, Hubbuddunya (gila harta/materialistis), dan lain sebagainya.
الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد
Hadirin Jama’ah ‘Iidul Fithri  . رحمكم الله
            Zakat fithrah wajib hukumnya atas orang yang memiliki kelebihan dari kebutuhan makanan yang ia butuhkan untuk dirinya dan keluarganya pada malam dan siang lebaran.
Zakat fithrah dikeluarkan bagi orang yang menjumpai akhir dari bulan Romadlon dan awal dari bulan Syawal. Oleh karenanya, bayi yang lahir sebelum Maghrib malam lebaran dan orang yang meninggal dunia sesudah Maghrib malam lebaran wajib dikeluarkan zakat fithrahnya, karena mereka berjumpa dengan akhir Romadlon dan awal Syawal. Zakat fithrah tidak wajib dikeluarkan bagi bayi yang lahir sesudah Maghrib malam lebaran, karena ia hanya menjumpai awal Syawal. Begitupun tidak wajib bagi orang yang meninggal dunia sebelum Maghrib malam lebaran, karena ia hanya berjumpa dengan akhir dari Romadlon.
الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد
Hadirin Jama’ah ‘Iidul Fithri  . رحمكم الله
            Lantunan Takbir di malam lebaran adalah ungkapan kegembiraan atas kemenangan yang kita raih. Kemenangan atas pertarungan diri dengan nafsu selama sebulan penuh. Kemenangan yang akan terus-menerus kita raih andai kita mampu mengendalikan nafsu dan senantiasa hati kita mengingat Allah سبحانه وتعالى.
Romadlon telah melebur dosa-dosa kita terhadap Allah سبحانه وتعالى. Rasa benci, dendam kesumat, dan segala dosa yang berhubungan dengan manusia terkadang masih erat bercokol dalam hati. Oleh karena itu, kita disatukan dalam satu tempat untuk bersama-sama melaksanakn sholat ‘id berjamaah. Kita satukan jiwa dan rasa di hari berbahagia ini dengan saling bersalaman, saling memaafkan, dan saling mendo’akan. Mari kikis habis iri, dengki, dan benci. Mari kita hilangkan dendam dan permusuhan. Kita jadikan diri kita bersih laksana kain putih, suci laksana bayi. 
Inilah salah satu ma’na yang tersirat dari do’a yang sering kita ucapkan di hari raya:
مِنَ الْعَائِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ. تَقَـبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ. كُلُّ عَامٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ.
“Semoga Allah menjadikan kita termasuk orang yang kembali fitrah dan memperoleh kebahagiaan. Semoga Allah menerima amal kita semua. Sepanjang tahun semoga kita senantiasa dalam kebaikan.”

إِنَّ أَصْدَقَ الْكَلَامِ وَخَيْرَ الْمَقَالِ، كَلَامُ اللهِ الْعَزِيْزِ الْمُتَعَالِ، وَخَيْرَ الْمُسْتَمِعِ مَنْ أَنْصَتَ وَمَالَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى وَبِقَوْلِهٖ يَـهْتَدِي الْمُهْتَدُوْنَ: وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْأٰنُ فَاسْتَمِعُوْا لَهٗ وَأَنْصِتُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ. أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. وَسَارِعُوْا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُلا أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ. وَقُلْ رَّبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar